Hendriyono120887’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tips Sukses Berkomunikasi April 25, 2008

Filed under: Organisasi — hendriyono120887 @ 2:14 pm

 

Tips sukses berkomunikasi kali ini akan membahas bagaimana cara Menghindari Rasa Canggung jika bertemu dengan kolega / client / teman yang sudah baru / lama kita kenal tetapi “mereka” tidak sengaja melupakan nama kita.Sebelumnya, anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa otak manusia berfungsi seperti halnya Smart Harddisk. Maksudnya, karena otak memiliki “ruang penyimpanan” yang terbatas, maka hanya ingatan yang sering diakses dan dianggap penting saja yang berada di “permukaan” alias gampang di ingat kembali oleh sang pemilik otak.

Lalu kemana, memori yang dianggap kurang penting? Secara otomatis, otak akan memindahkannya kesuatu tempat dibawah “permukaan”. Semuanya itu terjadi secara otomatis, oleh sebab itu, saya menyebut otak kita seperti Smart Harddisk (istilah saya sendiri)D

Saya pernah bertemu beberapa client baru atau teman lama yang tentu saja pernah kenalan (saling menyebut nama) diawal pertemuan. Tetapi, saat bertemu yang kesekian kalinya, mereka “kelihatan” lupa dengan nama saya (karena didalam pembicaraan, selalu saja ada kata pengganti untuk nama saya.

Jika diawal saya menyebut otak = smart harddisk, berarti mereka yang lupa dengan nama saya menganggap saya kurang penting bagi mereka?No comment…..

Yang terpenting dalam tips sukses berkomunikasi kali ini adalah, bagaimana cara kita membuat pembicaraan menjadi nyaman dan luwes. Untuk itu, setiap bertemu dengan client / kolega / teman yang saya anggap “lupa” dengan saya, maka hal ini yang saya katakan pertama kalinya :

“Halo, masih ingat saya, nama saya fajar.”

Efeknya … wow … kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya … terserah anda … Tips ini sering saya utarakan ketika saya berbicara didepan umum. Tips yang mudah diterapkan dengan efek yang Luar Biasa. D

Selamat mencoba…………

 

One Response to “Tips Sukses Berkomunikasi”

  1. wawan_cute Says:

    he ……
    nyindir yo….


Tinggalkan Balasan

